Kata-kata

Penyambung lidah saya.

Berhentilah makan daging, anda membantu mengurangi pemanasan global

with 5 comments

 Rajendra Pachauri, kepala Panel Antar Pemerintah Tentang Perubahan  Iklim, kepada koran Inggris Observer, mengatakan bahwa kalau anda  mengurangi konsumsi daging, maka anda akan membantu  menurunkan pemanasan global. “Berhentilah makan daging sehari saja  (dalam seminggu), paling tidak sebagai usaha awal, lalu kurangilah  terus-menerus secara berkala, sungguh usaha tadi akan membantu  mengerem pemanasan suhu global”.

Kenapa daging? Menurut laporan badan pangan PBB – FAO tahun 2006, usaha peternakan (sapi dan babi) diseluruh dunia menyumbang 18 persen dari total emisi gas rumah kaca di dunia. Sebagai pembanding, emisi seluruh mobil, kereta, kapal sampai pesawat terbang hanya menyumbangkan sekitar 13 persen dari emisi gas rumah kaca. Whoa! Masih menurut FAO, peternakan ini bisa menyumbangkan begitu besar  karena secara agresif mengurangi lahan hutan yang mengakibatkan penggundulan. Penggundulan hutan mengakibatkan pemanasan suhu bumi karena pepohonan hutan akan menyerap gas karbon di udara selagi masih hidup, dan akan melepas begitu banyak karbon ketika ditebang dan dibakar. Sebagai tambahan, kotoran hewan juga adalah penghasil karbon yang cukup fantastis karena mengandung metana, menurut penelitian seekor sapi bisa menghasilkan 200 liter gas karbon setiap hari.

Hmmm… kalau begitu sungguh dunia ini berhutang pada negara-negara dunia ketiga!! kenapa? karena kita masyarakat dunia ketiga yang masih miskin ini tak perlu disuruh-pun memiliki konsumsi daging rendah. Kita tak perlu diet daging karena daging-lah yang menjauh dari kemampuan kantong kita. Kita tak perlu menjadi vegetarian-pun sehari-hari tahu dan tempe (yang sempat mahal) menjadi sajian paling akrab.  Data mengatakan bahwa konsumsi daging di negara berkembang hanya sepertiga dari konsumsi masyarakat negara maju.

Bagi anda yang suka daging, ini fakta yang cukup bisa membukakan mata:

 

  • Selain menyumbang hampir seperlima kepada pemanasan global, daging juga membuat tubuh anda “kepanasan” karena kolesterol. Ingatlah, steak yang kita makan pelan-pelan membuat jantung kita makin kepayahan.
  • Berhenti makan daging selama sehari selama anda hidup setara dengan usaha mengganti mobil bensin anda dengan mobil hibrida semacam Prius
  • Uang yang anda keluarkan untuk seporsi steak tenderloin cukup untuk memberi makan 3 keluarga miskin dalam sehari.

 

Jadi anda sudah mengganti bola lampu anda dengan CFL? sudah membeli mobil yang irit bahan bakar? hmmm… anda masih kalah dengan mereka yang tidak makan daging.

Baca lebih jauh tentang:

 

Written by kata-kata

10 September 2008 pada 1:42 pm

Ditulis dalam Lingkungan

Tagged with , ,

5 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. lho kalo dagingnya gak dimakan2 nanti malah kotorannya tambah banyak kan?….jadi untuk mengurangi kotoran sapi, lebih baik sapi2 itu dimakan…heuheuhue

    fistonista

    10 September 2008 at 4:55 pm

  2. aduh susah klo hrs berhenti makan daging.
    saya penggemar ayam goreng & steak…. jd makan apa dong😀

    zee

    11 September 2008 at 3:31 am

  3. […] tulisan ini untuk lebih jelasnya. Intinya, makan daging membuat kita makin miskin harta, kaya kolesterol juga bikin […]

  4. yach gimana dunk….
    low gag da yang makan daging hewan tar yang ada qt yang dimakan hewan,hihi bercanda lho. tpi ok juga ya,….

    susi

    22 Maret 2009 at 11:48 am

  5. gw sgt setuju dan uda buktiin koq.alhamdulillah,selama 7 tahun vegetarian(bertahap),saya tetap fit,berat badan oke aja.dan gw jg ga tega liat dsarah2 hewan kececeran,lalu dagingnya kita mkan.Anehnya knp manusia bisa melupakan tumpahan darah,sayatan daging yang sgt mengerikan itu.AYO VEGETARIAN.Emang butuh bertahap:
    Caranya:a.Seminggu sekali aja ga makan daging dalam sebulan b.terus 2 x seminggu,c.3 x seminggu lama-lama setiap hari bisa vvegetarian.BUKANLAH TIDAK BISA,TETAPI APAKAH ANDA MAU/TIDAK.SELAMAT MENCOBA VEGETARIAN.

    hendra

    31 Maret 2009 at 1:48 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: