Kata-kata

Penyambung lidah saya.

Cerita Satir Rokok: Sejarah Rokok dan Liku-likunya

with 24 comments

Cerita roller coaster bernama rokok dalam gambar, sebuah industri yang makin kontroversial didunia dan juga menjadi dilema bagi pemerintah Indonesia. Pernah berjaya dan sebentar lagi mungkin akan semakin tertekan karena efek yang ditimbulkannya. Beberapa statistik nasional bisa anda lihat dibagian akhir. Masih ingat film The Insider (Crowe-Pacino) ?

Sejarah rokok dimulai saat warga asli benua Amerika (Maya, Aztec dan Indian) mengisap tembakau pipa atau mengunyah tembakau sejak 1000 sebelum masehi. Tradisi membakar tembakau kemudian dimulai untuk menunjukkan persahabatan dan persaudaraan saat beberapa suku yang berbeda berkumpul, serta sebagai ritual pengobatan. Kru Columbus membawa tembakau beserta tradisi mengunyak dan membakar lewat pipa ini ke “peradaban” di Inggris. Namun demikian, seorang diplomat dan petualang perancis-lah yang justru paling berperan dalam menyebarkan popularitas rokok di seantero Eropa, orang ini adalah Jean Nicot, darimana istilah Nikotin (dari Nicot) berasal. 

Versi sejarah lain mengatakan, tradisi rokok dan merokok yang lebih tua berasal dari Turki semenjak periode dinasti Ottoman.

Setelah permintaan tembakau meningkat di Eropa, budidaya tembakau mulai dpelajari dengan serius terutama tembakau Virginia yang ditanam di Amerika. John Rolfe adalah orang pertama yang berhasil menanam tembakau dalam skala besar, yang kemudian diikuti oleh perdagangan dan pengiriman tembakau dari AS ke Eropa. Secara ilmiah, buku petunjuk bertanam tembakau pertama kali diterbitkan di Inggris pada tahun 1855.

Di Indonesia, Haji Jamahri dari Kudus adalah orang yang pertamakali meramu tembakau dengan cengkeh pada tahun 1880. Tujuan awal Jamahri adalah mencari obat penyakit asma yang dideritanya, namun pada akhirnya rokok racikan Jamahri menjadi terkenal. Istilah Kretek adalah sebutan khas untuk menamai rokok asal Indonesia, istilah ini berasal dari bunyi rokok saat disedot yang diakibatkan oleh letupan cengkeh (kretek..kretek..). Buku sejarah rokok Kretek bisa anda peroleh disini (harga 50 dolar).

Dari anggapan sebagai obat penyembuh, lambang persahabatan dan persaudaraan, rokok kemudian berkembang menjadi simobol kejantanan pria. Hal ini ditandai sejak dijadikannya rokok sebagai ransum wajib setiap prajurit saat Perang Dunia Pertama. Mau tahu apa saja isi tas prajurit Amerika di PD I?  disini.

Karena fakta bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan belum terbukti, rokok pada jamannya pernah diiklankan dengan menggunakan beragam model, dari bayi hingga dokter:

Simbol rokok sebagai kejantanan lelaki makin menguat sejak iklan Marlboro Man. Iklan ini juga menjadi simbol kebangkitan Philip Morris sebagai produsen rokok terbesar didunia dengan bendera Marlboro. Dengan iklan ini, Marlboro mengubah image dari rokoknya perempuan menjadi rokok laki-laki sejati. Baca kisah dibalik iklan Marlboro Man disini.


Industri rokok mulai redup sejak 1964, persatuan dokter bedah Amerika mengeluarkan pernyataan rokok mengakibatkan kanker paru-paru. Iklan rokok di televisi mulai dilarang sejak 1965 (Inggris) dan 1970 (Amerika). Peringatan kesehatan dikemasan rokok mulai muncul sejak 1970, dan makin diperkuat dengan peringatan melalui gambar:

 

Merokok ditempat umum mulai dilarang: 1987 – larangan merokok di penerbangan, 1993 – larangan merokok ditempat publik mulai dikenal di Amerika dan Iggris, 1994 – McDonald untuk seluruh jaringan restorannya, 2003 – new york, london & irlandia mulai memberlakukan larangan merokok disemua tempat tertutup. Tahun 1998 eksekutif perusahaan rokok terbesar di Amerika mengeluarkan pengakuan bahwa nikotin adalah candu, tuntutan legal terhadap perusahaan rokok mengakibatkan ganti rugi yang mencapai 250 triliun dollar amerika. Masih ingat film insider? 

2003 – Larangan iklan rokok di televisi Indonesia berlaku sejak pukul 17.00 – 21.30

2005 – Larangan merokok ditempat umum disahkan di jakarta.

Beberapa fakta menarik tentang industri rokok nasional (industri yang dibenci tapi dirindu oleh pemerintah karena beberapa data berikut):

  • Cukai rokok adalah penyumbang terbesar (95%) dari seluruh cukai pemerintah, dan pertahun menghasilkan Rp 28 triliun rupiah pertahun (2003) 
  • Secara total, 9 % pendapatan pemerintah saat ini berasal dari industri rokok nasional.
  • Industri rokok kretek (mesin dan linting) menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 200 ribu jiwa dan tak langsung tak kurang dari 5 juta tenaga kerja tak langsung.

Beberapa rangkuman penelitian ilmiah mengenai industri rokok dan ekonomi rokok di Indonesia (file PDF).

Sejarah rokok bagaikan sebuah roller coaster, pernah naik dan dipuja dan sekarang menjadi barang yang dihujat dan dilarang.  Bagi pemerintah, mungkin pilihan antara mendukung atau melarang rokoksecara tegas seperti buah simalakama, tapi bagi kita pribadi pilihannya haruslah jelas. Silahkan kemukakan opini dan pengalaman anda tentang rokok dikolom komentar dibawah.

Tinjauan lebih lanjut:

Lihat parade grafis iklan rokok konyol

– Pernyataan MUI tentang merokok

– Contoh kandungan kimiawi dalam rokok (File PDF)

Lihat video proses pembuatan rokok menggunakan mesin 

 

Catatan:

Tulisan ini pada awalnya terdapat di kata-kata.com periode lama (sebelum situs ini bermigrasi ke wordpress.com), dikarenakan kerusakan database maka semua menjadi hilang. Mohon maaf bagi para browser yang mencari lewat google karena selama ini google merujuk ke halaman kosong  (permalink di kata-kata.com edisi baheula).

Written by kata-kata

13 September 2008 pada 1:31 am

24 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. rokok seperti rolerkoster. hmm setuju!

    idiotz

    13 September 2008 at 2:05 am

  2. Seperti hidup, bukan begitu, tuan ?😀

    Bagaimanapun dihujat maupun dilarang, sang pelarang boleh jadi setengah hati dalam melakukan hal tersebut. Ah, efek nikotin membuat mereka cinta mati dengan racun.

  3. […] – Sejarah dan lika-liku rokok […]

  4. Assalamu’alaikum….. saya hanya heran aja sama perokok, bahaya rokok khan udah dicantumin di bungkusnya tapi kok tetep aja para pecinta nikotin ini ga’ peduli sama kesehatannya……….. padahal, banyak orang laen yang pengen hdup enak tapi g’ bisa coz dari sananya dah banya penyakit….eh, yang bisa hidup enak malah ngisap racun… mana mahal pula lagi,
    bingung deh….
    hapsary in Sorong city, West Papua

    Kayla Hapsary

    7 November 2008 at 9:21 am

  5. hmmm..rokok penuh dengan misteri..banyak yang benci, banyak juga yang mencari…^_^…

    daffa24

    4 Desember 2008 at 4:23 pm

  6. Oala Rokoooooooooook Rokok

    muhammad najib

    29 Desember 2008 at 10:01 pm

  7. Toking-toking ………..agus..agus

    hasbrown

    30 Desember 2008 at 11:01 am

  8. dari artikel diatas saya bisa tahu tentang rokok, terutama nama racunnya (Nicotin) yang ternyata diambil dari penyebar rokok terbesar dijamannya..

    Puguh

    12 Januari 2009 at 11:17 am

  9. ROKOK!!!!????
    gila aBiezZz…..^^
    macem2 aja sih r0kok!!!???

    jacqueline

    2 Februari 2009 at 4:07 pm

  10. hi… Rokok ngeri juga ya… ^o^

    Nana

    5 Februari 2009 at 12:47 pm

  11. Artikel yang bagus,ijin mengcopy…

    LPR Kriya Mandiri

    6 Februari 2009 at 8:12 pm

  12. klau mau semua orang stop merokok ya satu-satunya jalan hanya menutup semua pabrik rokok…
    Tp… gmn nasib tenaga kerjanya???
    PR tuch buat Pemerintah…

    semsi

    26 Februari 2009 at 6:42 am

  13. rokok, dimana-dimana orang merokok, kenapa sih diciptakan rokok kalo lebih banyak ruginya daripada untungnya, membingungkan dan mengganggu … I hate the smoking people !!!!!!

    rthkusuma

    10 Maret 2009 at 3:35 pm

  14. huff, kayakny perlu deh, katakan tidak pada narkoba DAN rokok. amit” deh gue punya cowok ngerokok. keturunan gue bisa tambah ancur!
    kalo menurut gue, gimana kalo harga rokok dinaikin? misalnya jadi 100ribu?

    edith

    31 Maret 2009 at 1:28 pm

  15. Rokok memang seperti nya udah mendarah daging dengan rakyat negeri ini,dari yang tua sampe yang muda baunya kok tembako semua.walah2
    lagi kerisis kok malah bakar2 duit toh.

    Edhi

    14 April 2009 at 12:03 pm

  16. […] – Sejarah dan lika-liku rokok […]

  17. biar segitu ngerinya tapi aja tetap kebuthan loh!!!
    lyaknya makan dan minum…

    bayu

    24 April 2009 at 3:00 am

  18. AsSalaam,

    Jika kita mau lebih jernih berfikir, sebenarnya bungkus rokok lebih jantan krn berani mencantumkan kandungan tar dan nicotin (yang digembar-gemborkan berbahaya itu) tapi kenapa kendaraan bermotor TIDAK BERANI MENCANTUMKAN KANDUNGAN CARBON MONOXIDE, TIMBAL, NITROGEN MONOXIDE yang FAKTANYA JAUH LEBIH BERBAHAYA DARIPADA NIKOTIN, BAIK JUMLAH MAUPUN KUALITAS MEMBUNUHNYA.

    Agak aneh ketika rokok di’tuduh’ biang kanker, lha yang lebih diwaspadai justru MAKANAN AWETAN (yang pasti mengandung bahan pengawet yang tentu saja berbahaya (meskipun pabriknya setengah mati bilang aman) dan sebagian besar makanan ini dikonsumsi oleh anak2 (yg notabene-nya adalah generasi calon penerima estafet kelangsungan Indonesia). Selanjutnya adalah KONSUMSI DAGING (apalagi yang proses penumbuhan binatangnya dengan suntik perangsang kegemukan) yang justru lepas dari kontrol pemerintah yang ‘sok memberi peringatan’ (emang selama ini pemerintah sebaik-hati itu mau mengontrol daging sampai ke proses2-nya? Asal ngomong aja deh kayaknya, dan beraninya cuma sama rokok doang!). Dan yang tidak kalah berbahayanya yang justru luput (dan selalu luput) dari perhatian pemerintah: ASAP KENDARAAN BERMOTOR!!

    Sepakat dengan salah satu comment di ‘pernyataan MUI tentang rokok: ada hal2 lain yang LEBIH PANTAS DIHARAMKAN, (jika memang sekelompok orang yang tergabung dalam MUI itu emang kerjaanya ya mengharamkan itu)seperti korupsi, misalnya, karena dampaknya lebih luas dan signifikan terhadap kemaslahatan ummat (weits, bahasanya malah ketularan MUI nih).

    Terakhir, saya yakin, ada ‘sesuatu’, yang bukan sekedar berhubungan dengan kesehatan, ‘sesuatu’ yang oleh orang awam seperti saya ini cukup ‘sulit’ mengungkapnya (krn keterbatasan info dan fakta2 akademis yang bisa mendukung argumen), yang membuat sekelompok orang demikian gencar menggembar-gemborkan anti rokok, anti tembakau dan semacamnya.

    Terakhir, saya TIDAK MENGANJURKAN ORANG UNTUK MEROKOK, PUN TIDAK PULA MELARANG ROKOK. Saya sedang mengajak pembaca tulisan ini untuk berfikir seimbang dan proporsional terhadap sesuatu. Jika memang mau melarang sesuatu, pelajari dengan teliti sebelum menggembar-gemborkannya ke orang2, jangan sampai APA YANG KITA SAMPAIKAN (DALAM BENTUK LARANGAN MAUPUN ANJURAN) MENUNJUKKAN TINGKAT KEBODOHAN KITA, gara2 kita tidak memahami betul apa yang kita bicarakan tersebut.

    Terima kasih yang telah meluangkan waktu untuk membaca tulisan ini, terima kasih juga pada pengelola situs ini yang memberikan kesempatan berkomentar.
    AsSalaam.

    El Noir

    31 Mei 2009 at 9:31 am

  19. rokok……………….
    menurut q…….
    mungkin fungsinya untuk menenangkan jiwa

    Mr.TT

    12 Juli 2009 at 2:25 pm

  20. liat dulu dong mereknya,Marlboro,Djisamsu,Gudang Garam Filter atau Djarum Super,kalo aku aku sih lebih suka Sampoerna Mild ama Wismiluck,selain enteng jg lebih terasa….

    pras

    18 Januari 2010 at 5:50 pm

  21. udahlah g perlu diperdebatkan masalah perokok,yg penting sekarang sebagai umat yang beriman mari kita do’akan bersama sama semoga para perokok berat dan calon calonya diberikan perlindungan,diberikan petunjuk jalan yang benar dan diberikan kesadaran untuk menjadi lebih baik apapun yang telah dan akan terjadi,.;-9

    pras

    18 Januari 2010 at 5:55 pm

  22. merokok itu sangat menguntungkan dan menyehatkan tubuh
    dji sam soe misalnya bisa menyaringkan suara dan melonggarkan nafas.harga rokok mahal??enggak tuh!!!murah dibanding main di boker,kramtung atau gang doly sekali naik sudah berapa??!!
    yang mau debat silahkan tel:021-87902688.umar hadad.pro rokok dan pecinta gang doly.

    alhabib umar bin hasan alhadad citeureub

    23 Maret 2010 at 10:14 pm

  23. yang mau ngerokok silahkan, yang ngga juga silahkan. kita dewasa, berfikirlah dewasa. tentukan sendiri pilihan hidupmu

    roon

    11 Mei 2010 at 6:35 pm

  24. ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA – MELANJUTKAN KULIAH – KENAIKAN JABATAN ?!?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
    BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN.

    -SMU:4.000.000
    -D3:6.000.000
    -S1:8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI,BUMN, SWASTA).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE: pembuatanijazah@yahoo.co.id

    HUB: +6285736927001

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya

    *========*

    5 Januari 2011 at 11:35 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: