Kata-kata

Penyambung lidah saya.

10 Hal Yang Bisa Ditiru Politisi Indonesia Dari Obama

with 16 comments

Hanya mengandalkan beasiswa untuk kuliah, 8 tahun lalu masih menjadi anggota DPRD dan hanya sekali melihat ayahnya, Obama sekarang menjadi presiden terpilih dengan perolehan suara terbesar sepanjang sejarah pilpres di AS. Apa yang menjadikannya hebat dan apa yang bisa ditiru oleh politisi kita. Catatan: bukan berarti semua politisi kita jelek.

1. Rajinlah berolahraga. Obama rajin fitness dan jago basket, jangan rajin menelan lemak, tidakbaik untuk citra diri sebagai wakil publik. Satu lagi, kendalikan temperamen anda, Obama sangat jago melakukannya.

2. Rajinlah belajar. Obama adalah lulusan Harvard dengan predikat cum laude, jangan hanya mengandalkan ijasah palsu untuk menambah gelar anda.

3. Kreatiflah. Obama menggalang massa dan dana dari internet, jangan melulu menggalang massa lewat arak-arakan motor. Obama menjual barang-barang merchandise lewat situsnya untuk menambah dana kampanyenya. Jangan berutang atau menyogok ketika memulai karir politik.

4. Belajarlah menulis. Obama menulis sendiri dua buku yang sangat laris, jangan minta orang lain menuliskan kisah hidup anda, kita ingin kenal lebih dekat dengan anda.

5. Belajarlah pidato. Gaya orasi Obama dinilai terbaik digenerasinya, jangan biarkan orang jatuh kantuk ketika anda baru mulai berpidato. Tanpa pidato bagaimana kita tahu kelebihan dan rencana anda.

6. Sayangi keluarga. Obama dikenal sangat menyayangi keluarganya, jangan malah selingkuh atau punya simpanan.

7. Belajarlah membuat agenda. Obama sangat rinci membuat rencana kebijakan atas beragam isu, berjanji saja saat ini tidak cukup tanpa rincian yang realistis.

8. Bekerja keraslah. Obama tidur 2 jam/hari dan tetap berkampanye meski basah kuyup, jangan hanya bekerja keras ketika berbelanja atau tidur ketika mewakili kami.

9. Belajarlah berorganisasi. Lulus dari Harvard Obama lebih memilih menjadi aktivis organisasi daripada menjadi pengacara kaya raya untuk mengasah bakat organisasinya, jangan hanya bermodal uang, tampang atau nama orang tua. 

10. Jujurlah. Obama pernah berbuat kesalahan, mengakui dan memperbaikinya: mencoba ganja, atheis, perokok berat & kebingungungan disepanjang masa hidupnya. Jangan dari luar tampak suci didalam busuk, manusia tiada yang sempurna.

Hmm, siapa tahu politisi kita akan makin berkualitas.

Written by kata-kata

8 November 2008 pada 1:05 am

16 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. semestinya hal seperti itu bukan untuk politisi saja..

    keluargadhany

    8 November 2008 at 7:20 am

  2. kepemimpinan ideal seorang manusia telah dicobtohkan secara nyata oleh Rasulullah SAW…

    quantumeconomics

    8 November 2008 at 7:56 am

  3. Wow.. tidur 2 jam sehari!! kok bisa ya..

    Dino

    8 November 2008 at 2:20 pm

  4. Semoga bisa menjadi tauladan untuk kita semua..

    OB

    9 November 2008 at 8:12 pm

  5. wah,kalau melihat banyak politisi kita yang pakai uang untuk jadi anggota dewan,kayaknya masih jauh dari harapan.

    abas

    9 November 2008 at 8:15 pm

  6. KAYANYA SEMUA KRITERIA TERSEBUT DIATAS COCOK SEPERTI KEPRIBADIAN SAYA………
    BERARTI BISA DONK GW JD PEJABAT…..HEHEHEHEHEHE

    ardy

    10 November 2008 at 1:01 am

  7. Ah Jangan terlalu silau dengan figur Obama. Kenapa harus Presiden Amerika yang jadi rujukan dan teladan. Toh inspirasi politiknya pun banyak belajar dari orang Java alias orang Indonesia. Siapasih dia? Apa hebatnya dia dibandingkan Soekarno ‘our founding father’, pemimpin muda, orator ulung, jago berdiplomasi, nasionalismenya teruji, pintar, banyak menulis buku dan tulisannya banyak menginspirasi para pemimpin dunia. Tulisannya juga menjadi motor penggerak bagi berdirinya berlusin-lusin negara baru di Afrika, Asia, dan Amerika latin. Konsep ekonominya yang diterapkan Mahathir Moehammad membuat ekonomi Malaysia lebih maju dibandingkan Indonesia. John F Kennedypun banyak menyitir pidato dan gagasan-gagasan Sekarno untuk Amerika dan dunia. Dan yang jelas dia juga jauh lebih ganteng, romantis dan digandrungi banyak wanita. Jelas kan? lalu buat apa kita jauh-jauh berkiblat dan mengaca ke Amerika? Go! Indonesia Go!

    jongjava

    10 November 2008 at 8:05 am

  8. setuju dengan jong java.

    Ratu Adil Satria Pinandhita Sinisihan Wahyu

    10 November 2008 at 9:34 am

  9. semoga saya bisa mengikut jejaknya :”)

    aRuL

    11 November 2008 at 3:57 am

  10. eemmhhh!!
    yang pasti OBAMA keren!!
    banyak uang bisa kita pelajari dari beliau!!!
    bravo OBAMA!!dan Indonesia tentunya!!
    hehe

    botry

    11 November 2008 at 9:15 pm

  11. Saya setuju dengan 10 dari hal bagus yang bisa ditiru dari Obama oleh orang yang mau jadi pemimpin di indonesia, jika kita menemukan lebih lagi… itu bagus…

    Buat Ratu adil satria pinandhita..jangan rasis…. karena sepertinya bawa2 rasis jong java dan suka mengecilkan orang yang sedang diakui dan dicintai sebagian besar msyarakat dunia…Soekarno pun dulu pandai karena belajar juga dari buku2 dari luar indonesia…..

    Seperti jujur obama dalam kesalahannya kiranya indonesia jujur juga dalam kesalahan dan kelemahan serta mau terus belajar…

    Tagar Sinulingga

    17 November 2008 at 5:52 am

  12. wah obama ok bgt

    btw aku lagi buat judul skripsi nih,jika tidak keberatan siapa aja yang mau kasih saran dan membantu saya, saya seneng bgt…saya ingin mengambil judul ttg politik
    ,jika para politikus atau pak dosen,saya mohon bantuannya

    ym : bebetrix@ymail.com
    email : bebeibh@yahoo.com

    beatrix

    26 Desember 2008 at 8:21 pm

  13. tepatnya, 10 hal yang dilakukan obama dan tim suksesnya🙂

    ladangkata

    16 Januari 2009 at 3:52 pm

  14. teladan kita adalah RASULULLAH SAW SEBAGAI SURI TAULADAN YANG TERBAIK

    doni

    16 Februari 2009 at 12:19 pm

  15. apakah obama gak pernah senang-senang ya!!!
    kok serius terus pembawaanya!!!
    nyantai bro, ayo ke pantai!!!

    brad

    17 April 2009 at 11:36 pm

  16. Obama,Soekarno,Ghandi,Mandela,Mou tze tung, Ho chi Min
    Roseflet,Margaret T,Tito,Dan Banyak tokoh dunia , telah meninspirasi ,memberi semangat ,mendorong kita untuk terus berjuang untuk maju dan berhasil dalam berkarya /berusaha dan tentu saja Allah Tuhan kira memberkati seluruh usaha kita semua.

    gunadi helmi

    12 Mei 2009 at 5:23 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: